BARRU-Politeknik ATI Makassar bersama Pemerintah Kabupaten Barru melaksanakan program Pelatihan 3 in 1 Wirausaha Industri dengan topik ‘Business Plan atau Perencanaan Usaha’.

Kegiatan yang dilaksanakan di Sentra Pengolahan Rumput Laut Latimpa tersebut diikuti sebanyak 60 peserta yang berlangsung pada 14-16 Maret 2022.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri mengatakan, pelaksanaan Diklat 3 in 1 Wirausaha Industri merupakan hasil dari Perjanjian Kerjasama dengan Dinas Koperasi UKM dan Perdagangan Kabupaten Barru yang difasilitasi Unit Inkubator Bisnis Politeknik ATIM.

“Diklat ini diperuntukkan bagi masyarakat umum dan pengelola IKM atau UMKM di Kabupaten Barru,”kata Basri.

Basri menjelaskan, Diklat 3 in 1 Wirausaha Industri ini berisikan kegiatan mulai dari pelatihan, pemberian sertifikat kompetensi, dan penempatan kerja yang bertujuan agar dapat menghasilkan wirausaha industri.

Ia pun berharap dengan adanya Diklat 3 in 1 Bisnis Plan ini dapat mendorong lahirnya wirausaha muda berbasis teknologi yang merupakan pengembangan hasil riset atau inovasi masyarakat Barru untuk menjadi generasi pencipta lapangan kerja.

“Semoga Diklat ini juga dapat meningkatkan jumlah wirausaha industri yang bersertifikat kompetensi siap kerja sehingga dapat menyerap tenaga kerja baru di IKM dan UMKM di Barru untuk mengurangi angka pengangguran intelektual dan terdidik di Barru,”jelasnya.

Sementara itu Bupati Barru Suardi Saleh menyampaikan Pemkab Barru senantiasa mendukung program pengembangan Sumber Daya Manusia di Kabupaten Barru.

Ia menjelaskan, Diklat 3 in 1 ini juga sebagai salah satu langkah dalam penanggulangan dampak pandemi Covid-19 melalui penyerapan tenaga kerja dan pengurangan jumlah pemutusan hubungan kerja.

“Peserta Diklat 3 in 1 ini tidak hanya dilatih dan disertifikasi, tapi juga dibimbing agar tidak hanya menjadi tenaga kerja tapi juga bisa mempekerjakan orang lain,”tambahnya.

Ia berharap kegiatan ini bisa mencetak wirausaha berkarakter dan bermental kewirusahaan serta memiliki kompetensi sesuai dengan bidang usaha, meliputi kompetensi teknis, manajerial, kreativitas, dan inovatif.(*)