MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar menandatangani Memorandum of Understanding (MoU) dengan Politeknik Negeri Ujung Pandang (PNUP) terkait pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

MoU tersebut ditandatangani Direktur Politeknik ATI Makassar Muhammad Basri bersama Direktur PNUP Muhammad Anshar di Ruang Rapat Kampus PNUP, Senin (16/8/2021).

Penandatanganan MoU ini turut disaksikan Pembantu Direktur III Politeknik ATIN Makassar, Arminas.

Tak hanya itu, hadir pula sejumlah mitra PNUP, antara lain PT Vale Indonesia Tbk yang diwakili KTT & GM Eksternal Relation Pomalaa, Hasmir dan General HRD PT Rekind Daya Mamuju (RMD), Heriyanto, serta perwakilan Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Andi Ernawati.

Dalam MoU tersebut, Politeknik ATI Makassar dan PNUP bersepakat menjalin kerjasama dalam penggunaan SDM bersama antara institusi untuk pengembangan energi terbarukan.

Muhammad Anshar juga mengatakan, kerjasama ini sebagai bagian dari persiapan dalam program studi S1 dan S2 Terapan Teknik Energi Terbarukan di PNUP.

“Kerjasama dengan Politeknik ATI Makassar dalam pengembangan Tri Dharma Perguruan Tinggi untuk pengajaran dan pendidikan, penelitian, maupun pengabdian masyarakat,”jelasnya.

Sementara itu, Muhammad Basri mengapresiasi atas kepercayaan PNUP terhadap Politeknik ATI Makassar dalam kerjasama ini.

Menurutnya sebagai lembaga pendidikan vokasi, Politeknik ATI Makassar dan PNUP perlu bersinergi dalam pengembangan SDM yang berkompeten.

“Dosen-dosen di PNUP juga bisa mengajar di Politeknik ATI Makassar apabila ada mata kuliah yang belum memiliki dosennya dan kerjasama ini sudah berjalan sejak lama,”kata Basri.

Pada kesempatan tersebut, Basri juga menyampaikan, Politeknik ATI Makassar berencana membuka program D4 terapan yang masih dalam proses menunggu pembukaan aplikasi Sistem Informasi Layanan Perizinan Kelembagaan Perguruan Tinggi (SILEMKERMA).

“Kami juga berharap nantinya bisa mengikuti jejak PNUP untuk membuka program S2 Terapan,”tambah Basri.(*)