MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar terus berupaya mengembangkan program Inkubator Bisnis melalui kolaborasi dengan sejumlah mitra.

Salah satu upaya yang dilakukan dengan menggandeng Indonesia Marketing Association (IMA) Chapter Makassar, Koperasi Kopi Manipi, dan Tenant Djamin Coffee.

Seluruh pihak pun bersepakat untuk menandatangani Memorandum of Understanding (MoU). Penandatanganan MoU tersebut digelar di Ruang VIP Kampus Politeknik ATI Makassar, Kamis (14/10/2021).

Kegiatan ini dihadiri jajaran pengurus IMA Chapter Makassar Tommy Amarja, Yusvan Paris, Faisal Syam, dan Andi Nur Baumassepe.

Hadir pula Ketua Koperasi Kopi Manipi, Irsandi dan Owner Djamin Coffee, Ahmad Jamin yang akan menjadi salah satu tenant binaan Inkubator Bisnis Politeknik ATI Makassar.

Selain itu, acara ini turut disaksikan jajaran pengurus IMA dari berbagai wilayah secara virtual melalui Zoom Meeting.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menyampaikan, Politeknik ATI Makassar tidak hanya menjadi pusat penyedia tenaga kerja industri kompeten, namun juga untuk mencetak wirausaha industri.

Untuk mewujudkan hal tersebut, kata Basri, membutuhkan kolaborasi dari berbagai pihak baik dari pemerintah, akademisi, pelaku usaha, asosiasi industri, dan masyarakat.

“Kami harap melalui unit Inkubator Bisnis ini akan menumbuhkan tenant-tenant yang menjadi wirausaha yang tangguh, kompeten, dan profesional maka perlu dilakukan pendampingan maupun memberikan pelatihan,”kata Basri.

Basri juga menyampaikan, hal penting yang juga perlu diperhatikan dalam menumbuhkan wirausaha industri, yaitu dari sisi pemasaran produk yang dihasilkan para wirausaha tersebut.

Sehingga, kerja sama dengan IMA Chapter Makassar diharapkan bisa berbagi kiat-kiat dalam memasarkan produk mereka.

Acara penandatanganan MoU ini pun diakhiri dengan diskusi terkait perkembangan industri kopi di Sulawesi Selatan.

Di mana, Politeknik ATI Makassar berencana membangun sebuah mini pabrik pengelolaan kopi yang akan dikelola oleh program studi Teknik Industri Agro.(*)