Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menyambut kedatangan rombongan pimpinan Politeknik APP Jakarta, Kamis (21/10/2021)

MAKASSAR-Jajaran Pimpinan Politeknik APP Makassar melakukan kunjungan kerja ke kampus Politeknik ATI Makassar, Kamis (21/10/2021). Politeknik APP Jakarta juga merupakan salah satu unit pendidikan tinggi di bawah naungan Kementerian Perindustrian dengan spesialisasi kompetensi di bidang logistik.

Direktur Politeknik APP Jakarta Amrin Rapi datang didampingi Pembantu Direktur I A.R. Arie Wicaksono, Ketua SPM Juli Astuti, Ketua Teaching Factory Hendi Dwi Hardiman, dan Ketua Prodi Manajemen Pemasaran Produk Industri Elektronika (MPIE) Aji Kresno Murti.

Amrin Rapi menyampaikan, sesuai dengan arah kebijakan dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindusrian yang mengharapkan seluruh unit pendidikan diarahkan menjadi corporate university, maka Politeknik APP Jakarta melakukan upaya-upaya untuk mewujudkan hal tersebut.

Salah satunya dengan melakukan kolaborasi dan sinergi dengan berbagai pihak, termasuk dengan Politeknik ATI Makassar untuk membangun pendidikan vokasi di Indonesia sesuai dengan kompetensi dan spesialisasi masing-masing.

Sebelumnya, Politeknik APP Jakarta juga melakukan kunjungan ke sejumlah unit pendidikan Kemenperin lainnya, seperti Politeknik STTT Bandung dan Politeknik ATK Yogyakarta.

“Kami ingin melihat seperti apa penerapan SPMI karena kami yakin SPMI di Politeknik ATI Makassar juga berjalan dengan baik,”katanya.

Di samping itu, juga untuk melihat model pembelajaran dual system yang menjadi andalan Kemenperin. Di mana, kata Amrin, salah satu inti dari pembelajaran dual system adalah pembiasan kebiasaan pabrik atau budaya kerja di kampus dengan pendekatan Teaching Factory.

Direktur Politeknik APP Jakarta, Amrin Rapi saat kunjungan ke Politeknik ATI Makassar, Kamis (21/10/2021)

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri bersama jajaran pun menyambut hangat seluruh rombongan dari Politeknik APP Jakarta . Pihaknya senantiasa terbuka untuk berbagi mengenai pengelolaan pendidikan di Politeknik ATI Makassar.

“Politeknik APP Jakarta ini adalah saudara kita yang berada di bawah naungan Kementerian Perindustrian. Apalagi Pak Amrin Rapi ini bukan orang baru di Politeknik ATI Makassar. Beliau pernah mendapat amanah menjabat sebagai Direktur Politeknik ATI Makassar,”katanya.

Ia pun mengucapkan terima kasih atas kunjungan dari Politeknik APP Jakarta untuk berdiskusi mengenai kemajuan pendidikan vokasi dan unit pendidikan Kementerian perindustrian. Ia berharap Politeknik ATI Makassar juga bisa nantinya berkunjung ke Politeknik APP Jakarta.(*)