Powertech Robotic Club (PRC) Politeknik ATI Makassar

Menyiapkan insan muda berprestasi dan berkompetensi di bidang industri dan teknologi merupakan tantangan yang dihadapi oleh setiap perguruan tinggi saat ini. Tantangan ini pula yang berusaha dijawab oleh pihak Kampus Politeknik ATI Makassar, yang salah satu usahanya adalah dengan menyelenggarakan kegiatan pelatihan dan pengembangan riset bidang robotika dan mikrokontroler melalui wadah studi klub Powertech Robotic Club (PRC) di bawah naungan Laboratorium Teknik Tenaga Listrik (TTL) Politeknik ATI Makassar.

7

Powertech Robotic Club (PRC)  beranggotakan civitas Politeknik ATI Makassar khususnya pada Jurusan Otomasi Sistem Permesinan yang memiliki minat yang sama pada bidang robotika dan mikrokontroler. Kegiatan klub sepenuhnya dikoordinasikan oleh Tim Pembina (Menejer Klub) dan Tim Pelatih layaknya sebuah klub yang bercita-cita untuk terus mengejar prestasi di bidang robotika baik dalam skala nasional maupun internasional. Menejer klub saat ini diamanahkan kepada Kepala Laboratorium Teknik Tenaga Listrik, Yuriadi. Sedangkan tim pelatih (coach) ditangani oleh para coach yang sudah berpengalaman dan merupakan para juara lomba robotika, KRI serta juara dan expert ASEAN/World  Skills yang mewakili Indonesia di ajang Internasional, yakni coach Tino Suhaebri dan coach Zainal Akbar. Dalam klub ini kemudian secara fleksibel akan dibentuk  tim-tim robotika yang dibentuk sesuai kebutuhan untuk mengikuti sebuah kompetisi robotika. Base camp dan workshop klub berada di dua tempat yakni  pada Laboratorium Teknik Tenaga Listrik (TTL) lantai III gedung laboratorium Politeknik ATI Makassar dan workshop mikro4u yang merupakan workshop mikrokontroler berlokasi di Jalan Leimena Makassar, yang kebetulan dikelola juga oleh tim pembina dan pelatih klub PRC.

Tujuan didirikannya klub robotika Powertech Robotic Club (PRC) Politeknik ATI Makassar adalah untuk 6mengembangkan riset terapan dan pelatihan berkesinambungan bidang robotika dan mikrokontroler  di kampus Politeknik ATI Makassar serta mengasah kemampuan prestasi mahasiswa di bidang teknologi robotika melalui keikutsertaan dalam berbagai lomba robotika, baik skala regional, nasional maupun internasional dengan target utama sebagai juara. Motivasi ini pula yang menyemangati dan mengantar para mahasiswa yang tergabung dalam klub, sehingga pada tahun 2016 ini (sampai tulisan ini dimuat, bulan april) telah berhasil mendapatkan 2 (dua) buah trophy dari dua kegiatan lomba robotik yang diadakan di kota Makassar, yakni masing-masing sebagai Juara III pada Celebes Robot Contest (CRC) Universitas Hasanuddin dan Juara Harapan II pada Electrical Day Universitas Negeri Makassar. Hal lain yang juga tidak kalah penting adalah dukungan penuh  segenap civitas akademi Politeknik ATI Makassar  baik secara moril maupun materil merupakan energi yang kuat bagi klub untuk semakin terpacu berprestasi lebih baik lagi di masa-masa yang akan datang.

1

 

About Web Admin

Check Also

Kompetisi Futsal 2013

Himpunan Mahasiswa Mesin Akademi Teknik Industri Makassar (HMM-ATIM) menggelar kompetisi Futsal tingkat SMA ataupun SMK ...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *