Menciptakan Entrepreneur dalam bisnis baru bagi pemula, merupakan salah satu tujuan Undang Undang N0 3 tahun 2014 Tentang perindustrian, dalam menghasilkan nilai ekonomi. Demikian diungkapkan Ir. Muhammad Basri MM, Direktur Politeknik ATI Makassar dalam sambutannya pada webinar Workshop Get Ready To Be A Young entrepreneur pada Politeknik ATI Makassar.(21/7)

Basri pula mengungkapkan wirausaha industri pada Politeknik ATI Makassar, khususnya Inkubator bisnis adalah menyelenggarakan entrepreneurship bagi alumni dan mahasiswa dalam menghasilkan pengusaha pemula dan pengusaha muda yang mengembangkan usaha industri baru berdasarkan hasil-hasil penelitian menjadi bernilai bisnis, khususnya dibidang manufaktur, taknologi Industri dan kimia.

Basri pula menambahkan adanya Inkubator bisnis di Kampus yang dipimpinnya, sangatlah bermanfaat bagi komunitas Politeknik ATI Makassar, bermanfaat bagi mahasiswa dan alumni dan perguruan tinggi kedepan.

Workshop ini dibuka secara online oleh Eko S.A.Cahyanto Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian RI.Lebih lanjut Basri mengungkapkan adanya Inkubator bisnis, nantinya dapat di implementasikan dengan lahirnya wirausaha muda dalam menciptakan tenaga kerja, menggurangi pengangguran, akhirnya.

Dalam sambutannya mengungkapkan diera persaingan globalisasi, khususnya sektor usaha baru dan industri memerlukan sumber daya manusia terus kita tingkatkan kwalitasnya.

Eko dalam sambutannya lagi berharap adanya inkubator bisnis Politeknik ATI Makassar sebagai wadah bagi mahasiswa dan alumni dalam berusaha, dengan memulai bisnis baru

Untuk itu menurut Eko lagi, kiranya dalam membangun usaha perlunya relevansi dalam membangun SDM, dan unggul dibidangnya khususnya menyangkut kompetensi tentu semuanya lewat pendidikan dan pelatihan termasuk pendampingan, mulai dari perencanaan bahan baku misalnya, kemasan yang menarik, serta memenuhi perspektif perizinan ini semua akan tersedia di inkubator bisnis, dan selalu menciptakan inovasi baru

Untuk itu menurut Eko lagi perlunya basic program, termasuk program exelent (khusus), dan berlanjut kelevel yang lebih tinggi, tentu dengan merangcang program program yang baik dan tumbuh secara kuat dan mandiri, termasuk perancangan keuangan.

Akhirnya Eko menyarankan Politeknik ATI Makassar perlunya pula menyelenggarakan BIMTEK yang spesifik menyangkut dunia usaha khususnya pengembangan entreprener baru dalam pendidikan khususnya diperguruan tinggi Politeknik ATI Makassar.

Kementerian Perindustrian Terus Mendukung Menumbuhkan wirausaha Muda

Dalam acara ini di tutup pula oleh kepala PPPKVI BPSDMI Iken Retnowulan, dengan mengungkapkan kementerian Perindustrian terus mendorong dan menumbuhkan wirausaha muda dalam mengembangkan bisnis industri khususnya bagi pemula dalam berwirausaha.

Retnowulan pula menjelaskan pengembangan wirausaha industri khususnya bagi pemula tidak semudah yang dibayangkan, dimana memerlukan SDM Industri yang kompoten dibidangnya, termasuk menyangkut tenaga kerja industri, pembinaan, wirausaha dan konsultan industri

Retnowulan mengungkapkan pula, Kementerian Perindustrian kita terus mendorong dan menumbuhkan lebih banyak usaha usaha pemula dalam dunia industri, dimana semua memerlukan manejerial, inkubator bisnisnis dan kemitraan, bukan saja dalam dunia pendidikan dan pelatihan tetapi pemanfaatan teknologi yang ada.

Retnowulan pula mengatakan, pertumbuhan dunia usaha industri baru di industri Indonesia, boleh dikatakan hanya sebesar 1,56% /tahun, bila dibandingkan dengan Malaysia dan singapura sebesar 6%, sementara Jepang dan Amerika masing masing pertumbuhan Industri 10 sampai 12%/tahun, yang seharusnya pertumbuhan dunia industri minimal 2% disetiap negara, sambil mengutip pendapat sebuah buku. Ini berarti Indonesia masih sangat memerlukan dan mengharapkan munculnya pengusaha baru khususnya dibidang industri, dimana PDB dunia usaha Industri diluar non migas menyumbangkan 17,8 % untuk negara. Secara nasional

Akhirnya Iken Retnowulan mengucapkan terimakasihnya kepada direktur Politeknik ATI Makassar, atas penyelenggaraan ini, juga para civitas akademik, termasuk para narasumber, peserta workshop dan pejabat dilingkungan BPSDMI atas kehadirannya, dan tak lupa mengucapkan syukur kepada Allah Swt, sambil menutup acara ini. (*)

Source : https://mitramediasiber.com/2020/07/24/workshop-ati-24-7politeknik-ati-makassar/

×

Hello!

Ada yang bisa kami bantu?

× Kontak Via Whatsapp