Makassar-Wakil Gubernur Sumatera Barat, Audy Joinaldy hadir memberikan motivasi kepada mahasiswa Politeknik ATI Makassar untuk menjadi seorang pengusaha melalui kegiatan Kuliah Tamu di Aula Kampus, Kamis (9/6/2022).

Audy merupakan politisi yang juga berprofesi sebagai pengusaha dan akademisi yang telah menjadi pembicara pada 300 acara bertaraf nasional maupun internasional. Bahkan, ia pernah mencetak Rekor MURI sebagai wakil gubernur dengan gelar akademik terpanjang.

Dalam kuliah tamu yang turut difasilitasi Perkasa Group tersebut, Audy membawakan materinya  bertajuk “Membangun Karakter Entrepeneur Generasi Milenial Memanfaatkan Peluang Bisnis Baru di Era 4.0.

Audy memaparkan, tingginya angka pengangguran diakibatkan jumlah lapangan kerja yang tersedia tidak mampu mengakomodir lulusan dari perguruan tinggi setiap tahunnya. Salah satu solusi untuk mengurangi angka pengangguran adalah dengan menciptakan wirausaha-wirausaha baru yang nantinya akan menciptakan lapangan kerja.

Jumlah pengusaha di Indonesia masih sangat kecil dibandingkan negara-negara lain di ASEAN. Ia pun mengajak mahasiswa Politeknik ATI Makassar untuk menjadi pengusaha bukan sekadar pencari kerja.

Menurutnya, untuk menjadi pengusaha yang sukses modal utama yang harus dimiliki adalah kejujuran, displin, komitmen, kreativitas dan inovasi, serta mandiri.

“Dalam membangun bisnis jangan terlalu memikirkan soal modal, tapi proses dan produk apa yang akan kita buat.  Dalam merintis usaha, ilmu juga tetap penting. Tapi yang tidak kalah penting adalah networking,”jelasnya.

Alumnus Wageningan Universiteit Belanda tersebut juga menyampaika , revolusi teknologi 4.0 turut mewarnai kehidupan, termasuk dunia bisnis. Era disrupsi akibat kemajuan teknologi yang berkembang pesat mengubah total bahkan menghancurkan cara bisnis konvensional.

“Kemajuan teknologi juga mengakibatkan hilangnya berbagai pekerjaan konvensional yang digantikan oleh mesin robot,”katanya.

Akan tetapi, akan muncul profesi-profesi baru untuk menjawab tantangan revolusi industri 4.0, seperti Social Media Manager, Cloud Computing Services, dan Mobile App Developer.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri mengapresiasi kehadiran Audy Joinaldy untuk memberikan motivasi kepada mahasiswa.

Menurutnya, gempuran era digital dan revolusi industri 4.0 tidak bisa dibendung lagi, maka penting bagi mahasiswa dan kaum milenial untuk membangun karakter entrepreneurship untuk meningkatkan taraf hidup ekonomi.

“Kewirausahaan pun menjadi mata kuliah wajib untuk mahasiswa di Politeknik ATI Makassar agar mereka mampu menemukan inovasi bisnis,”katanya.

Ia pun berharap setelah mengikuti kuliah tamu ini, mahasiswa dapat menciptakan peluang ekonomi dari sebuah ide usaha.(*)