Logo Kemenperin, BPSDMI CorpU,ATIM

Jam Operasional :

Senin-Kamis: 07.30-16.00, Jumat: 07.30-16.30 WITA

Wabup Sidrap Jajaki Kerjasama dengan Politeknik ATI Makassar

MAKASSAR-Wakil Bupati Sidrap, Mahmud Yusuf berkunjung ke kampus Politeknik ATI Makassar, Rabu (23/11/2022). Ia didampingi sejumlah pengusaha Industri Kecil Menengah (IKM), yaitu CV Asro Sejati, PT Mega Madalle Maghfirah, PT Bolesogi Indonesia, dan PT IJQ One Cretife.

Rombongan disambut Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri bersama Pembantu Direktur I Taufik Muchtar, Ketua Unit Teaching Factory Abdul Nasser Arifin, dan Sekretaris Unit Inkubator Bisnis Sukarno Agung.

Dalam kunjungannya, Mahmud menjajaki peluang kerjasama dengan Politeknik ATI Makassar terkait pemanfaatan teknologi tepat guna khususnya di bidang pertanian. Diketahui Kabupaten Sidrap memiliki potensi pangan yang besar, seperti beras dan jagung. Pengelolaan potensi pangan tersebut akan lebih optimal jika dibantu dengan teknologi tepat guna.

“Petani di Sidrap sudah ada yang memakai alat Tabela untuk menanam benih padi. Hanya saja penggunaannya belum efisien. Semoga Politeknik ATI Makassar memiliki solusi agar alat tersebut bisa lebih baik lagi,”katanya.

Selain penggunaan teknologi tepat guna, Mahmud juga berharap dapat bekerja sama dengan Politeknik ATI Makassar untuk mengembangan IKM di Kabupaten Sidrap.

Muhammad Basri menyambut baik tawaran kerjasama dari Pemerintah Kabupaten Sidrap. Melalui unit Teaching Factory dan Inkubator Bisnis, pihaknya siap berkolaborasi membantu pemerintah mencari solusi atas permasalahan masyarakat di Sidrap.

Selain itu, melalui kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat para dosen bisa berkolaborasi untuk membantu IKM dan kelompok tani agar lebih produktif.

“Tugas akhir mahasiswa Politeknik ATI Makassar juga diarahkan untuk menghasilkan sebuah produk atau alat untuk mengembangan IKM di daerah,”tambah Basri.

Di sela-sela kunjungannya, Mahmud juga menyempatkan diri melihat fasilitas dan produk yang telah dibuat oleh SDM Politeknik ATI Makassar. Bahkan, ia mencoba mengoperasikan traktor yang merupakan produk kolaborasi unit Teaching Factory dengan CV Chandue Tanindo. (*)

November 24, 2022

Lihat juga…