MAKASSAR-Satuan Penjaminan Mutu Internal (SPMI) Politeknik ATI Makassar melaksanakan audit mutu internal pada 9-17 Maret 2022. Audit Mutu Internal dilakukan terhadap seluruh unit kerja di lingkup Politeknik ATI Makassar.

Ketua SPMI Politeknik ATI Makassar, Wahidah mengatakan, audit mutu internal merupakan bagian dari siklus evaluasi pelaksanaan standar pendidikan tinggi untuk memastikan pelaksanaan kegiatan di perguruan tinggi sesuai dengan prosedur dan hasilnya sesuai dengan kebijakan untuk mencapai tujuan institusi.

“Jadi audit mutu internal bukanlah asesmen atau penilaian, melainkan pencocokan kesesuaian antara pelaksanaan dengan perencanaan suatu kegiatan atau program di perguruan tinggi,”katanya saat Rapat Pembukaan Audit Mutu Internal yang dilaksanakan secara daring, Rabu (9/3/2022).

Lebih lanjut Wahidah menjelaskan, audit mutu internal di Politeknik ATI Makassar melibatkan 36 auditor yang melakukan audit terhadap 30 standar, baik SN Dikti maupun standar yang ditetapkan perguruan tinggi sendiri.

Menurutnya, hasil dari audit mutu internal menjadi acuan untuk perbaikan dalam upaya peningkatan mutu pendidikan di Politeknik ATI Makassar.

Sementara itu, Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menyampaikan, dengan dilakukannya audit mutu internal menjadi jaminan atas proses penyelenggaraan pendidikan di Politeknik ATI Makassar.

“Jika semua tahapan penjaminan mutu internal dilaksanakan secara konsisten dan perbaikan dilakukan berkelanjutan, maka budaya mutu bisa tercapai,”kata Basri.

Basri pun mengharapkan kerjasama seluruh pihak agar pelaksanaan audit mutu internal bisa berjalan dengan baik karena sangat diperlukan dalam proses akreditasi yang akan dilakukan Politeknik ATI Makassar. (*)