MAKASSAR-Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barru, Abustan berkunjung ke kampus Politeknik ATI Makassar, JL Sunu Nomor 220, Kamis (27/5/2021).

Dalam kunjungannya, Abustan didampingi Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Herman Jaya, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Jamaluddin, Kepala Dinas Koperasi, UMKM, dan Pedagangan Andi Takdir, Kepala Bagian Pembangunan Andi Unru.

Rombongan pun disambut Direktur Politeknik ATI Makassar Muhammad Basri bersama jajaran. Antara lain, Kasubag Administrasi Umum dan Keuangan M Yasin, Kasubag Akademik dan Kemahasiswaan Sitti Supiaty Beta, Ketua Inkubator Bisnis Andi Indi Amin, Ketua Teaching Factory Abdul Nasser Arifin, dan lainnya.

Abustan mengatakan, kunjungan ini merupakan kunjungan balasan dalam rangka pembahasan rencana kerja sama dan penandatanganan Memorandum of Understanding dengan Politeknik ATI Makassar. Sebelumnya, pimpinan Politeknik ATI Makassar juga telah berkunjung ke Kabupaten Barru pada awal Mei 2021 lalu.

Pada kesempatan tersebut, Andi Idi Amin memaparkan model kerja sama yang bisa dijalankan antara Pemkab Barru dengan Politeknik ATI Makassar yang diarahkan pada pembinaan Desa Industri Mandiri dan Industri Kecil Menengah (IKM) Smart Halal Food & Feed melalui program vokasi industri setara D1.

“Dari program ini diharapkan dapat melahirkan SDM industri, baik itu sebagai tenaga kerja industri maupun wirausaha industri,”katanya.

Pihaknya pun mulai mengidentifikasi potensi-potensi setiap daerah yang ada di Kabupaten Barru yang dapat menjadi komoditi IKM.

Di mana, beberapa komoditas unggulan Kabupaten Barru, antara lain ternak, padi, holtikultura, dan perikanan.

Direktur Politenik ATI Makassar, Muhammad Basri menambahkan, perlu dibahas kembali mengenai kebutuhan kompetensi yang diperlukan untuk mengembangkan industri IKM di Kabupaten Barru.

“Jadi harus dipetakan lebih dulu potensi di masing-masing daerah untuk diketahui kompetensi apa yang dibutuhkan di sana,”katanya.

Sementara itu, Sekda Barru Abustan mengatakan, dalam menyusun kebutuhan dari masyarakat, pihaknya akan menggunakan pendekatan partisipatif.

“Nanti dari masyarakat itu yang menyampaikan kebutuhan di desa mereka ataupun pihak kami yang akan memberikan pemahaman potensi apa yang bisa dikembangkan,”katanya.

Ia pun berharap penandatanganan MoU bisa dilakukan dalam waktu dekat. Setelah itu, akan dibahas perjanjian kerja sama antara kedua belah pihak.

“Saat diskusi mengenai PKSnya, mungkin akan kami undang juga sejumlah stakeholder seperti lembaga perbankan karena dalam PKS ini sudah harus jelas teknisnya,”katanya.(*)

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Barru, Abustan didampingi Direktur Politeknik ATI Makassar berkunjung ke Laboratorium Advance Manufacturing 4.0 Politeknik ATI Makassar, JL Sunu Nomor 220, Kamis (27/5/2021). Kunjungannya ini dalam rangka pembahasan lanjutan mengenai rencana kerja sama dalam pengembangan IKM antara Pemkab Barru dengan Politeknik ATI Makassar.