MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar berkomitmen mendukung pengembangan sumber daya manusia industri untuk mendorong pembangunan sektor industri di Indonesia.  Hal ini diwujudkan dalam kerja sama Politeknik ATI Makassar dengan PT Pupuk Kaltim melalui program vokasi industri setara D1.

PT Pupuk Kaltim adalah anak usaha PT Pupuk Indonesia yang merupakan produsen pupuk urea, amoniak, dan NPK.

Penyelenggaraan program pendidikan vokasi industri setara D1 ini sebagai upaya untuk mendukung program pemerintah dalam penyiapan tenaga kerja industri yang link and match dengan industri.

a dua program studi, yakni Teknik Pengelasan serta Teknik Listrik dan Instalasi yang masing-masing membina 25 mahasiswa.

“Politeknik ATI Makassar mengambil peran dalam pemenuhan kebutuhan SDM industri kompeten melalui pendidikan vokasi berbasis kompetensi bekerja sama dengan PT Pupuk Kaltim. Jadi, lulusan program ini akan langsung terserap bekerja di PT Pupuk Kaltim,”kata Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri dalam acara Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama Program Vokasi Industri Setara D1 dengan PT Pupuk Kaltim di Ruang Phinisi, Kampus Politeknik ATI Makassar, Senin (7/6/2021).

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama ini turut dilakukan Vice President Pengembangan SDM dan Organisasi PT Pupuk Kaltim Bondar Priandono yang didampingi Vice President Board Support PT Pupuk Kaltim, Astri Agustina, dan Ketua LSP PT Pupuk Kaltim Widodo.

Sebelumnya sudah ada Memorandum of Understanding antara Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian dengan PT Pupuk Kaltim.

 “Ini adalah bentuk nyata link and match antara unit pendidikan dengan industri dalam hal ini PT Pupuk Kaltim,”tambahnya

Pada kesempatan tersebut, Basri juga mengucapkan terima kasih kepada BPSDMI yang telah mempercayakan Politeknik ATI Makassar untuk menyiapakan SDM Industri kompeten bagi PT Pupuk Kaltim.

“Semoga kolaborasi antara PT Pupuk Kaltim dengan Politeknik ATI Makassar terus terbina dalam upaya penguatan sektor industri di Indonesia,”kata Basri di akhir sambutannya.

Sementara itu, Bondar Priandono menyampaikan, PT Pupuk Kaltim menggagas program vokasi industri setara D1 ini untuk mendidik dan mempersiapkan pemenuhan kebutuhan SDM, serta proyek pengembangan PT Pupuk Kaltim.

“Hal ini dilakukan melalui mekanisme seleksi dengan tentunya memerhatikan standar kompetensi yang telah ditetapkan oleh perusahaan,”katanya.

Setelah pendatanganan perjanjian kerja sama ini dilanjutkan dengan pelaksanaan FGD untuk membahas kurikulum program setara D1 sesuai dengan kebutuhan industri berbasis SKKNI.

Pembahasan kurikulum ini dilakukan oleh dosen Politeknik ATI Makassar bersama dengan instruktur industri dari PT Pupuk Kaltim.

PT. Pupuk Kaltim merupakan salah satu mitra Politeknik ATI Makassar dalam menyelenggarakan Program D1.

Sebelumnya, Politeknik ATI Makassar juga telah menjalin kerja sama d;engan PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP), PT Petrokimia Gresik, PT Gama Plantation, PT Semen Baturaja Persero, dan Fadel Digital.(*)