MAKASSAR-Career Development Center (CDC) Politeknik ATI Makassar menyelenggarakan Webinar Softskill bertajuk ‘PT Pindad (Persero) Goes to Campus’ secara virtual, Kamis (4/2/2021).

Tak hanya mahasiswa Politeknik ATI Makassar, webinar yang menghadirkan Vice President Corporate University PT Pindad (Persero) Bayu Fiantoro ini juga diikuti mahasiswa dari sejumlah kampus lainnya.

PT Pindad (Persero) adalah perusahaan industri dan manufaktur yang bergerak dalam pembuatan produk militer dan komersial di Indonesia.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada Bayu Fiantoro yang telah meluangkan waktunya untuk memberikan pencerahan dalam rangka peningkatan wawasan mahasiswa.

“Unit pendidikan di bawah Kementerian Perindustrian diharapkan dapat mempersiapkan mahasiswanya menjadi tenaga kerja industri yang kompeten. Untuk melahirkan tenaga kerja industri yang kompeten, ada dua hal bekal yang harus diberikan, yaitu hardskill dan softskill,”katanya.

Hardskill diberikan melalui proses belajar mengajar di kampus. Sementara softskill diberikan di luar proses belajar mengajar.

“Softskill ini penting untuk menghadapi persaingan dalam memasuki dunia kerja,”ujarnya.

Basri menambahkan, salah satu target yang diberikan BPSDMI kepada Politeknik ATI Makassar agar dapat menyiapkan tenaga kerja industri kompeten yang bisa terserap industri sebelum diwisuda. Maka dari itu, melalui unit kerja CDC, Politeknik ATI Makassar selalu berupaya untuk mempersiapkan para calon lulusan bisa terserap di dunia industri.

Dalam webinar ini, Bayu Fiantoro membawakan materi berjudul ‘Prepare Your Career Right Now!’. Ia mengajak mahasiswa untuk mempersiapkan karier mereka sejak dini tanpa harus menunggu setelah lulus.

Berdasarkan pengalamannya dalam merekrut karyawan, Bayu berharap bisa mendapatkan talent yang bagus. Namun dalam kenyataannya, ia melihat banyak para pencari kerja belum siap untuk kerja.

“Kalau cari orang yang pintar, terlihatnya banyak. Tapi, orang yang pas kelihatannya butuh waktu,”katanya.

Menurutnya, ada beberapa kriteria calon karyawan yang dicari perusahaan, antara lain memiliki IPK yang baik, memiliki kemampuan analitis, mampu berkomunikasi dengan baik, dan memiliki kepribadian baik.

Ia pun membagikan tipsnya kepada mahasiswa yang mempersiapkan diri menghadapi dunia kerja sebelum lulus, seperti aktif berorganisasi, mengetahui perkembangan teknologi, meningkatkan IPK, mencari pengalaman dalam kegiatan penjualan, serta memahami kelebihan dan kekurangan diri.

“Jangan buang waktu kalian. Eksplore diri dengan menambah pengetahuan. Jangan sampai otak kalian keram tidak mengerjakan apa-apa,”tambahnya