MAKASSAR-PT Indonesia Morowali Industrial Park (IMIP) menggelar seleksi calon karyawan baru di kampus Politeknik ATI Makassar, Jumat (22/10/2021).

PT IMIP adalah kawasan industri berbasis pengolahan bijih nikel yang memproduksi sejumlah produk. Antara lain nikel, stainless steel, dan carbon steel.

Saat ini, PT IMIP juga tengah mengembangkan produksi komponen baterai untuk kendaraan listrik.

Difasilitasi Unit Career Development Center (CDC) Politeknik ATI Makassar, rekrutmen ini diikuti sekitar 605 peserta yang sebelumnya melakukan registrasi dan memenuhi kualifikasi yang dipersyaratkan.

Para peserta pun tidak hanya merupakan alumni Politeknik ATI Makassar, namun juga lulusan dari sejumlah perguruan tinggi lain di Makassar. Seperti Politeknik Negeri Ujung Pandang, Universitas Muslim Indonesia, Universitas Islam Makassar, dan Universitas Kristen Indonesia (UKI) Paulus.

Foreman HR Recruitment PT IMIP, Donvito Andrew mengatakan, dalam rekrutmen ini peserta mengikuti interview. Dalam proses interview tersebut, pihaknya tidak hanya ingin mengetahui skill namun juga karakter dari para peserta.

“Kami tidak hanya mencari karyawan yang memiliki skill, tapi juga harus memiliki karakter bisa bekerja dengan budaya kerja di PT IMIP,”katanya.

Andrew menjelaskan, jumlah kebutuhan pekerja di PT IMIP cukup besar. Pasalnya, kawasan industri PT IMIP terus berkembang yang membutuhkan tenaga kerja yang besar pula.

Diketahui dalam kawasan PT IMIP terdapat sekitar 40 perusahaan dengan jumlah pekerja mencapai 46 ribu orang. PT IMIP pun menargetkan jumlah pekerja di tahun depan sekitar 60 ribu pekerja. Proses rekrutmen pun dilaksanakan secara terpusat.

Sementara itu, Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri yang menyampaikan apresiasi kepada PT IMIP yang terus menggandeng CDC Politeknik ATI Makassar dalam melakukan rekrutmen karyawan baru.

CDC merupakan salah satu unit kerja di Politeknik ATI Makassar sebagai wadah kerjasama dengan dunia industri dalam rangka penyerapan alumni dan kerjasama magang industri, serta berperan serta dalam mempersiapkan soft skills lulusan Politeknik ATI Makassar.

“Politeknik ATI Makassar terus berupaya menyiapkan calon-calon tenaga kerja industri yang kompeten dan memiliki daya saing,”kata Basri.

Ia pun berharap alumni Politeknik ATI Makassar maupun peserta lain dapat memenuhi kualifikasi standar kerja industri yang dibutuhkan PT IMIP.