MAKASSAR-Mahasiswa Program Studi Teknik Industri Agro, Mifta Hul Janna baru saja menorehkan prestasi untuk Politeknik ATI Makassar. 

Wanita kelahiran Makassar, 24 Desember 2000 ini meraih juara dua Musabaqah Puitisasi Qur’an di ajang MTQ antarmahasiswa politeknik/akademi komunitas di Lingkungan Kementerian Perindustrian.

Dalam kegiatan yang dilaksanakan Politeknik ATI Padang pada 18-30 April 2021 secara daring tersebut, Politeknik ATI Makassar mengirimkan empat mahasiswa.

Mifta, sapaan akrabnya mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang diraihnya.

“Saya sangat bersyukur karena telah berjuang untuk Politeknik ATI Makassar. Semoga prestasi ini bisa memotivasi teman-teman lain di Politeknik ATI Makssar bisa mengeksistensikan potensi yang dimiliki,” kata Mifta, Selasa (4/5/2021).

Dalam lomba tersebut, Mifta membacakan puisi karyanya berjudul ‘Pijakan Pesawat Apollo Pada Bulan Masih Sebuah Tanya’. 

Puisi tersebut merupakan intrepetasi atas Surah Ar Rahman ayat 33.  Puisi tersebut pun mengantarkannya lolos ke babak final. 

Di babak tersebut, ia membaca puisi berjudul ‘Generasi Pengganti’ yang merupakan tafsirannya terhadap Surah At Taubah ayat 122.

Di kampus, Mifta juga aktif di Lembaga Dakwah Kampus Mahasiswa Pecinta Mushalla (LDK MPM) Politeknik ATI Makassar.  Di sanalah ia juga banyak belajar tentang pemahaman Alquran.

Mifta mengatakan, ia memilih ikut berlomba di kategori Musabaqah Puitisasi Qur’an karena kecintaannya terhadap Alquran dan juga dunia kepenyairan.

“Saya suka menulis puisi dan membaca karya-karya puisi. Seperti puisi Chairil Anwar dan Taufik Ismail. Salah satu puisi favoritnya adalah Sebuah Jaket Berlumur Darah karya Taufik Ismail,” tuturnya.

Jago Pencak Silat

Selain menulis puisi, rupanya Mifta memiliki bakat lain. Ia turut menggeluti seni bela diri tradisional khas Indonesia, yakni Pencak Silat.

Ia mengaku mulai aktif Pencak Silat sejak kecil atas ajakan orangtuanya.  Bahkan, sejak SMA ia sudah menjadi pelatih di Kecamatan Buntu Batu, Kabupaten Enrekang.

“Semoga di Politeknik ATI Makassar nantinta ada wadah bagi mahasiswa yang hobi Pencak Silat,” katanya.

Sementara itu, Pembantu Direktur III Politeknik ATI Makassar bidang Kemahasiswaan, Arminas turut mengapresiasi dan bangga atas prestasi Mifta Hul Jannah yang berkiprah di ajang nasional.

“Saya berharap prestasi ini bisa meningkatkan reputasi Politeknik ATI Makassar dan menjadi pemacu semangat mahasiswa lain untuk ikut berprestasi,” katanya.

Berikut profil lengkap Mifta Hul Janna

Data Diri

Nama lengkap: Mifta Hul Janna

Nama panggilan: Mifta

Tempat tanggal lahir: Makassar, 24 Desember 2000

Agama: Islam

Nama Ibu: Herawati Sanggala

Nama Ayah: M Yunus

Hobi: Membaca, Pencak Silat

Pendidikan

SD: SDN NO. 5 Pasui

SMP: SMPN 2 Baraka

SMA: SMAN 10 Enrekang

Perguruan Tinggi: Politeknik ATI Makassar

Pengalaman organisasi

1. Ketua Umum PC IPM Pasui (2017-2018)

2. Kader Pencak Silat (2016-Sekarang)

3. Bendahara Osis (2017-2018)

4. Bendahara KIR (2018-2019)

5. Anggota PMR

6. Anggota Sispala

7. Koord. Organisasi PD IPM Kab. Enrekang (2018-2019)

8. Wakil Ketua Rohis (2016)

9. Anggota BPBD SMAN 10 Enrekang

Prestasi

1. Juara Terbaik Karya Tulis Ilmiah (2017)

2. Olimpiade Austronomi

3. Olimpiade Geografi

4. Juara 1 Puisi 

5. Juara harapan 2 Expor Wisata Alam Kab. Enrekang

6. Juara 2 Paduan Suara

Media sosial

Instagram: @myftayunus

Facebook: Myfta Yunus Sanggala

Motto: Man Jadda Wa jadah.(*)



Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Profil Mifta Hul Janna, Mahasiswi Poltek ATIM Juara 2 Puitisasi Alquran Tingkat Nasional, https://makassar.tribunnews.com/2021/05/04/profil-mifta-hul-janna-mahasiswi-poltek-atim-juara-2-puitisasi-alquran-tingkat-nasional?page=all.
Penulis: Rudi Salam
Editor: Hasriyani Latif