Jam Operasional :

Senin-Kamis: 07.30-16.00, Jumat: 07.30-16.30 WITA

PINRANG-Program studi Teknik Manufaktur Industri Agro (TMIA) Politeknik ATI Makassar menyerahkan Mesin Penggembur Tanah kepada Kelompok Tani di Desa Rajang, Kecamatan Lembang, Kabupaten Pinrang, Senin (26/0/2022).

Ketua Prodi TMIA, Jufri mengatakan, Mesin Penggembur Tanah yang diserahkan kepada masyarakat merupakan proyek tugas akhir mahasiswa, yakni Sandi Yusuf dan Ikhsan Nurrahman dengan bimbingan dua dosen, Cornelius Uten Patintingan dan Muhammad Luthfi Sonjaya.

“Alat ini menjadi bukti kalau mahasiswa kami mampu merancang, membuat peralatan ataupun memodifikasi mesin produksi industri agro sesuai dengan kebutuhan masyarakat maupun industri ,”jelasnya.

Selain itu, sebagai bentuk kolaborasi mahasiswa dan dosen Teknik Manufaktur Industri Agro dalam penerapan teknologi tepat guna di masyarakat.

Dengan diserahkannya mesin tersebut, Jufri berharap dapat membantu masyarakat dalam menggarap lahan mereka. Sehingga, produktivitas kelompok tani di Desa Rajang bisa meningkat .

Sementara itu, Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri mengapresiasi mesin buatan mahasiswa yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat.  Pasalnya, Politeknik ATI Makassar telah menerapkan pembelajaran berbasis Teaching Factory berbasis produk/jasa yang berstandar industri.

Hal tersebut juga merupakan implementasi dalam upaya mewujudkan salah satu misi kebijakan Corporate University BPSDMI Kemenperin, yakni melaksanakan pengabdian kepada masyarakat dalam pengembangan ekosistem Industri Kecil dan Industri Menengah (IKM).

“Semoga semakin banyak karya mahasiswa kami yang berguna dan dipakai masyarakat sebagai solusi atas masalah yang mereka hadapi,”tambahnya.(*)