Logo Kemenperin, BPSDMI CorpU,ATIM

Jam Operasional :

Senin-Kamis: 07.30-16.00, Jumat: 07.30-16.30 WITA

Poltek ATIM Gelar Workshop Penginputan dan Pemutakhiran Data PDDikti

MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar melaksanakan kegiatan Workshop Penginputan dan Pemutakhiran Data pada Pangkalan Data Dikti (PDDikti) di Ruang Pa’dewakkang, Kamis (5/1/2023).

PDDikti merupakan Pangkalan Data Perguruan Tinggi, dimana semua data dan informasi serta statistik tentang suatu perguruan tinggi disajikan secara terintegrasi.

Kegiatan tersebut menghadirkan dua narasumber, yaitu Subkoordinator Data dan Teknologi Informasi Ditjen Dikti, Franova Herdiyanto dan Subkoordinator Peningkatan Karier Sumber Daya Dikti Vokasi, Jimmi.

Pembantu Direktur I bidang Akademik Politeknik ATI Makassar, Taufik Muchtar mengatakan, kegiatan workshop ini dilaksanakan sebagai upaya dalam perbaikan data Politeknik ATI Makassar pada PDDikti.

Hal tersebut dilakukan karena masih adanya kebijakan-kebijakan dalam penginputan dan pemutakhiran data yang belum dipahami dengan baik.

“Semoga dari workshop ini ada solusi yang bisa diberikan untuk mengatasi kendala yang kami dalam hal pemutakhiran data di PDDikti,”katanya.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri berharap dengan adanya workshop ini pengelola PDDikti di Politeknik ATI Makassar bisa mendapatkan wawasan terkait regulasi dalam penginputan dan pemutakhiran data pada PDDikti untuk mengatasi kendala yang dihadapi Politeknik ATI Makassar.

“Saya melihat ada regulasi-regulasi baru sehingga membutuhkan penyesuaian dan ini perlu menjadi perhatian pengelola data PDDikti,”tambahnya.

Pasalnya, data pada PDDikti sangat diperlukan dalam proses verifikasi penyelenggaraan perguruan tinggi, khususnya terkait akreditasi yang akan dijalani Politeknik ATI Makassar tahun ini.

Sementara itu, Franova mengakui data pada PDDikti digunakan sebagai acuan dalam proses bisnis perguruan tinggi. Sehingga pengelolaannya harus baik. PDDikti pun digunakan untuk mendukung penjaminan mutu sebuah perguruan tinggi.

Ia menjelaskan adanya ketidaksinkronan data perguruan tinggi pada PDDikti disebabkan karena setiap perguruan tinggi memiliki kalender akademik yang berbeda-beda padahal PDDikti telah memiliki kalender nasional, khususnya terkait batas waktu penginputan data.(*)

January 6, 2023

Lihat juga…