MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar melaksanakan ujian seleksi calon mahasiswa baru melalui jalur JARVIS Bersama, Senin (24/5/2021).

Ujian yang dilaksanakan berbasis Computer Assisted Test (CAT) dan diikuti serentak oleh seluruh calon mahasiswa baru perguruan tinggi di bawah naungan Kementerian Perindustrian.

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik ATI Makassar, Muhammad Setiawan Sukardin menyampaikan, kali ini adalah tahun kedua seleksi mahasiswa baru dilaksanakan secara online dan serentak melalui JARVIS Bersama.

Jumlah peminat Politeknik ATI Makassar dalam seleksi JARVIS Bersama sebanyak 538 orang untuk empat program studi, yaitu Teknik Industri Agro, Teknik Manufaktur Industri Agro, Teknik Kimia Mineral, dan Otomasi Sistem Permesinan.

“Ujian dilaksanakan secara online dan bisa diikuti calon mahasiswa di mana saja. Bahkan, mereka dapat mengerjakaan soal dengan smartphone,”katanya, Senin (24/5/2021).

Meskipun demikian, pelaksanaan ujian tetap mendapat pengawasan ketat karena selama mengerjakan soal peserta wajib mengaktifkan kamera dan microphonennya. Selain itu, seluruh peserta dipantau melalui command center JARVIS dan didampingi Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Materi seleksi yang diujikan, yakni Tes Potensi Akademik (TPA) dan Bahasa Inggris sebanyak 60 soal dan dikerjakan dalam waktu satu jam.

“Hasil ujian tulis akan diumumkan pada 2-3 Juni 2021. Bagi peserta yang dinyatakan lolos akan mengikuti seleksi wawancara. Jadwalnya akan disampaikan pada saat pengumuman,”jelasnya.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menambahkan, JARVIS adalah program penerimaan mahasiswa baru di seluruh unit pendidikan milik Kemenperin yang dilaksanakan dengan sistem online melalui laman jarvis.kemenperin.go.id.

“Program JARVIS ini digagas Kemenperin untuk memudahkan calon mahasiswa baru mendaftar, khususnya di tengah pandemi Covid-19 karena seluruh prosesnya dilaksanakan secara online,”katanya.

Basri pun berharap, melalui seleksi ini dapat menjaring mahasiswa baru yang berkualitas dan siap dididik menjadi calon sumber daya manusia industri yang berkompeten untuk memenuhi kebutuhan sektor industri.

Pada kesempatan tersebut, Ketua PMB Politeknik ATI Makassar, Muhammad Setiawan Sukardin menambahkan, setelah JARVIS Bersama akan dibuka pendaftaran mahasiswa JARVIS Mandiri.

Pendaftaran JARVIS Mandiri akan dibuka dua jenis, yakni jalur umum dan rekomendasi industri.

“Di jalur rekomendasi industri, mitra industri Politeknik ATI Makassar bisa memberikan rekomendasi kepada calon mahasiswa yang ingin mendaftar,”katanya.

Materi ujian yang dilaksanakan bagi peserta JARVIS Mandiri akan sama dengan JARVIS Bersama, yakni Ujian Tulis dan Wawancara.

Setiawan menambahkan, tidak ada perbedaan biaya pendaftaran maupun kuliah bagi calon mahasiswa yang mendaftar melalui JARVIS Mandiri.

“Jadi tidak ada istilah jalur mandiri biaya pendaftaran atau kuliahnya lebih mahal dibanding jalur lainnya,”jelasnya.(*)