MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar menggelar pertemuan dengan calon mahasiswa baru yang dinyatakan lolos melalui jalur JARVIS Mandiri 2021 secara virtual, Selasa (21/9/2021).

Di mana, sebanyak 180 peserta berhasil lolos melalui jalur JARVIS Mandiri 2021 yang telah diumumkan pada Senin (20/9/2021). Dalam kesempatan tersebut, para calon mahasiswa baru didampingi orang tua masing-masing.

Pertemuan ini digelar untuk mensosialisasikan terkait kurikulum, biaya perkuliahan, peraturan akademik, dan tata terbit kepada seluruh calon mahasiswa baru Politeknik ATI Makassar.

Pembantu Direktur I Politeknik ATI Makassar, Taufik Muchtar mengatakan, Politeknik ATI Makassar mulai menggunakan kurikulum Pendidikan Sistem Ganda (Dual System) secara penuh mulai tahun 2021 sesuai amanah dari Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian.

Hal tersebut berdasarkan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Nomor 1158 Tahun 2018 tentang Pendidikan Sistem Ganda (dual system).

“Berbeda tahun sebelumnya, mahasiswa diberi pilihan ingin masuk kelas reguler atau dual system. Tapi, tahun ini hanya diberlakukan kurikulum dual system,”kata Taufik.

Ia menjelaskan, capaian kompetensi kurikulum dual system menggunakan pola 3-2-1 atau bentuk lain sebagai hasil review kurikulum setiap program studi yang melibatkan mitra industri.

Artinya, mahasiswa akan menjalani perkuliahan selama tiga semester di kampus, kemudian menjalani praktik di industri selama dua semester, dan satu semester menyelesaikan tugas akhir di kampus.

Sementara itu, biaya perkuliahan di Politeknik ATI Makassar mengacu pada Peraturan Pemerintah Nomor 54 Tahun 2021 tentang tentang Jenis dan Tarif atas Jenis Penerimaan Negara Bukan Pajak yang Berlaku pada Kementerian Perindustrian.

Dalam aturan tersebut disebutkan biaya kuliah di Politeknik ATI Makassar sebesar Rp 1.750.000 per semester.

Setelah pertemuan ini, akan kembali dilaksanakan pertemuan untuk seluruh orangtua mahasiswa baru yang diterima dari semua jalur, baik JARVIS Prestasi, JARVIS Bersama, dan JARVIS Mandiri pada 30 September 2021 sebelum pelaksanaaan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB).(*)