MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar melepas 146 lulusan Program Vokasi Industri Setara D1 kerja sama dengan PT Petrokimia Gresik melalui sidang senat terbuka yang digelar secara virtual, Kamis (8/4/2021).

Acara yang juga diikuti lulusan yang dididik Politekni APP Jakarta tersebut turut dihadiri Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri (BPSDMI) Kementerian Perindustrian, Arus Gunawan dan Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri (PPPVI) Iken Retnowulan, serta para anggota senat Politeknik ATI Makassar dan Politeknik APP Jakarta.

Program Vokasi Industri Setara D1 merupakan program pelatihan 3 in 1 dari BPSDMI Kemenperin, di mana pesertanya akan dilatih, disertifikasi, lalu ditempatkan bekerja di perusahaan mitra industri.

Dalam laporannya, Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menyampaikan, kerja sama program setara D1 dengan Petrokimia Gresik telah terjalin sejak 2018 dengan meluluskan 79 orang.

Pada 2019, PT Petrokimia Gresik kembali melanjutkan kerja sama dengan Politeknik ATI Makassar untuk melatih 146 mahasiswa untuk dua jurusan, yaitu Teknik Kimia Industri dan Teknik Perawatan Mesin. Sehingga, jumlah alumni program vokasi industri setara D1 kerja sama Politeknik ATI Makassar dengan PT Petrokimia Gresik sebanyak 225 orang.

“Kami ingin mengucapkan terima kasih kasih kepada Kepala BPSDMI dan Kepala PPPVI Kementerian Perindustrian atas kepercayaan kepada Politeknik ATI Makassar untuk melaksanakan program ini. Juga kepada PT Petrokimia Gresik yang telah menjalin kerja sama D1 ini. Mudah-mudahan kerja sama ini berlanjut untuk program studi yang relevan dengan bidang di Politeknik ATI Makassar,”katanya.

Sementara itu, Direktur PT Petrokimia Gresik, Dwi Satriyo Annurogo mengatakan, kerja sama dengan BPSDMI Kemenperin melalui Politeknik ATI Makassar dan Politeknik APP Jakarta merupakan wujud peran aktif Petrokimia Gresik dalam mengembangkan SDM industri.

Ia mengatakan, tujuan dilaksanakannya program ini untuk membantu pemerintah mengurangi angka pengangguran, memenuhi kebutuhan SDM di Petrokimia Gresik, sebagai program CSR dalam hal pemberdayaan potensi SDM di sekitar perusahaan, dan membantu pemerintah dalam revitalisasi lembaga pendidikan vokasi berbasis kompetensi yang link and match dengan industri

“Lulusan program vokasi setara D1 dari Politeknik ATI Makassar dapat bekerja di PT Petrokimia Gresik apabila memenuhi kualifikasi dan persyaratan sesuai dengan peraturan perusahaan,”katanya.(*)