MAKASSAR-Unit Penelitian dan Pengabdian Masyarakat (UPPM) Politeknik ATI Makassar telah melaksanakan kegiatan Workshop Penyusunan Roadmap Penelitian dan Pengabdian Kepada Masyarakat di Ruang Paddewakkang pada Kamis (31/3/2022) hingga Jumat (1/4/2022).

Kegiatan yang diikuti 68 dosen dan 12 pranata laboratorium pendidikan (PLP) tersebut menghadirkan dua pemateri, yaitu guru besar Fakultas Teknik Unhas,  Prof. Ir.Ing. Faizal A. Samman dan Ketua LPPM Unasman Sulbar,  Basri MT.

Ketua UPPM Politeknik ATI Makassar, Merla Madjid mengatakan, penelitian dan Pengabdian kepada masyarakat merupakan dua pilar kegiatan pendidikan di perguruan tinggi, selain dari kegiatan pengajaran dan kegiatan penunjang lainnya yang tercantum di dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi.

Roadmap Penelitian dan pengabdian masyarakat Prodi merupakan implementasi dari roadmap tingkat Institusi, yang berisi payung-payung penelitian dan pengabdian masyarakat yang menjadi unggulan.

Di mana payung penelitian dan pengabdian kepada masyarakat ini akan melibatkan seluruh program studi di Politeknik ATI Makassar.

“Karena beragamnya kegiatan penelitian dan pengabdian masyarakat di tingkat prodi, maka roadmap prodi ini disusun dengan mempertimbangkan keberagaman tersebut dan sinergi antar disiplin ilmu,”katanya.

Sementara kegiatan penelitian dan pengabdian di program studi yang tidak tertampung di dalam roadmap tetap dilaksanakan sesuai dengan roadmap prodi dan laboratorium-laboratorium di dalam prodi.

Sementara itu, Pembantu Direktur I Taufik Muchtar yang mewakili Direktur Politeknij ATI Makassar Muhammad Basri menyampaikan dukungan manajemen atas terlaksananya kegiatan tersebut.

Menurutnya, workshop penyusunan roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat dapat mendukung proses reakreditasi jurusan dan institusi kedepannya.

Selain itu serta meningkatkan kualitas penelitian dan pengabdian masyarakat yang dilakukan dosen Politeknik ATI Makassar.

“Roadmap penelitian dan pengabdian masyarakat untuk Institusi, prodi dan dosen selanjutnya harus menyesuaikan dengan rencana strategis dan rencana kinerja Politeknik ATI Makassar,”tambahnya.(*)