MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar (Poltek ATIM) bersama Perkumpulan Untuk Peningkatan Usaha Kecil (PUPUK) menyepakati akan melanjutkan kerja sama dalam penyelenggaraan Tri Darma Perguruan Tinggi.

Hal tersebut dilakukan dengan penandatanganan Memorandum of Understanding antara Politeknik ATI Makassar dan PUPUK secara virtual, Senin (15/3/2021).

Nota kesepakatan ini ditandatangani langsung Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri dan Dewan Pengurus PUPUK Rieta Rossita Dewi. Acara tersebut turut disaksikan Pembantu Direktur I Taufik Muchtar, Pembantu Direktur III Arminas, Direktur PUPUK Bandung Budhi Prasetya, dan Direktur PUPUK Makassar Asdar.

Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerja Sama Politeknik ATI Makassar, Arminas mengatakan, kerja sama antara Politeknik ATI Makassar dengan PUPUK sudah terjalin sejak 2015 lalu.

“Tahun 2015 lalu, Poltek ATIM dengan PUPUK sudah mendatangani nota kesepahaman dan sudah berakhir. Alhamdulillah, sudah ada lagi kesempatan untuk melanjutkan kerja sama ini,”katanya.

Arminas menjelaskan, ruang lingkup kerja sama yang disepakati Poltek ATIM dengan PUPUK, yaitu peningkatan daya saing industri kecil dan menengah dalam pengolahan pangan, peningkatan mutu produk industri kecil dan menengah, dan peningkatan dan pengembangan kualitas SDM melalui diklat.

Dewan Pengurus PUPUK, Rieta Rossita Dewi juga menyampaikan terima kasihnya atas kepercayaan Politeknik ATI Makassar untuk melanjutkan kerja sama dengan PUPUK.

“Poltek ATIM sudah tidak asing lagi bagi saya karena kami tahu Poltek ATIM selalu mendukung kegiatan-kegiatan kami,”katanya.

Rieta mengatakan, tujuan utama hadirnya PUPUK, yaitu memperkuat usaha kecil dan menengah dan melahirkan wirausaha-wirausaha baru dengan menggunakan tiga pendekatan, baik di tingkat mikro, meso, dan makro.

Sementara itu, Muhammad Basri menilai misi PUPUK sama dengan Politeknik ATI Makassar, yakni ingin melahirkan wirausaha-wirausaha. Hal ini sesuai dengan pengembangan pendidikan vokasi yang bertujuan tidak hanya untuk melahirkan tenaga kerja industri, melainkan wirausaha industri.

Politeknik ATI Makassar pun telah memiliki inkubator bisnis yang menjadi wadah untuk melahirkan wirausaha-wirausaha industri. Inkubator Bisnis Poltek ATIM saat ini sedang menggelar Workshop Business Plan dan Business Model Canvas.

“Setelah penandatanganan MoU ini, kami akan membahas program kerja sama yang bisa dilaksanakan Politeknik ATI Makassar dengan PUPUK karena kami berencana mengadakan diklat pemasaran yang nantinya akan menggandeng PUPUK,”kata Basri.(*)