MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar siap menjalankan amanah dalam Surat Keputusan Menteri Perindustrian tentang Pengembangan Vokasi Industri Bertaraf Global Menuju Corporate University BPSDMI Kementerian Perindustrian.

Hal tersebut disampaikan Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri saat menjadi pembina apel pagi di Kampus Politeknik ATI Makassar, Senin (8/11/2021).

Corporate University BPSDMI Kementerian Perindustrian adalah inisiatif strategis program reformasi birokrasi dan transformasi kelembagaan.

Pasalnya, peran strategis Kementerian Perindustrian dalam meningkatkan produktivitas industri perlu didukung dengan SDM yang handal dan kompeten, serta dapat menyelesaikan tugas dengan efektif dan efisien.

Untuk mewujudkan hal tersebut, BPSDMI Kementerian Perindustrian telah mengarahkan seluruh politeknik dan akademi komunitas binaan menerapkan pendidikan dual system berbasis Science, Technology, Engineering, and Math (STEM) Learning.

Dalam tahapan dual system, kata Basri, ada beberapa hal yang perlu dilakukan. Salah satunya yaitu meningkatkan kerja sama dengan dunia usaha dan dunia industri.

“Kerja sama ini apakah terkait dengan pemanfaatan fasilitas praktik di industri maupun dalam pemanfaatan tenaga pengajar maupun instruktur dari industri yang harus ditingkatkan,”katanya.

Proses pembelajaran tidak hanya dilakukan di kampus, tetapi juga di industri. Di mana mahasiswa akan menjalankan magang di industri selama dua semester.

Kurikulum yang digunakan pun harus link and match dengan dunia usaha dan dunia industri untuk mengcetak SDM sesuai dengan kebutuhan industri.

“Alhamdulillah, Politeknik ATI Makassar pun sudah melakukan review kurikulum dengan turut melibatkan pihak industri,”tambahnya.(*)