MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar, perguruan tinggi vokasi negeri milik Kementerian Perindustrian masih membuka pendaftaran mahasiswa baru tahun ajaran 2021/2022 jalur mandiri melalui JARVIS Mandiri.

JARVIS Mandiri adalah jalur terakhir dalam proses seleksi mahasiswa baru di Politeknik ATI Makassar yang dilaksanakan secara online melalui laman www.sisformik.atim.ac.id/pmb.

Saat ini, Politeknik ATI Makassar memiliki empat program studi, yakni Teknik Industri Agro, Teknik Manufaktur Industri Agro, Teknik Kimia Mineral, dan Otomasi Sistem Permesinan.

Seluruh program studi dan institusi Politeknik ATI Makassar telah terakreditasi dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN PT).

Ketua Penerimaan Mahasiswa Baru (PMB) Politeknik ATI Makassar, Muhammad Setiawan Sukardin mengatakan, pendaftaran mahasiswa baru melalui JARVIS Mandiri terbuka untuk siswa lulusan SMA/SMK/MA tahun 2019, 2020, dan 2021.

Ia menyebutkan, pada JARVIS Mandiri terdiri atas dua pilihan, yakni JARVIS Mandiri Reguler dan JARVIS Mandiri Rekomendasi Industri.

Pendaftaran jalur JARVIS Mandiri rekomendasi industri terbuka hingga 2 Juli 2021. Sedangkan, jalur JARVIS Mandiri reguler bisa dilakukan hingga 23 Juli 2021.

Untuk jalur reguler, peserta wajib mengikuti dua tahapan tes, yaity ujian tulis berupa tes potensi akademik dan bahasa inggris. Setelah dinyatakan lolos harus melalui tes wawancara. Sementara jalur rekomendasi industri, peserta hanya mengikuti tes wawancara.

“Khusus jalur rekomendasi industri, peserta harus menyiapkan surat pernyataan telah mendapatkan rekomendasi industri yang harus diupload pada sisformik saat melakukan pendaftaran,”kata Setiawan, Minggu (13/6/2021).

Surat rekomendasi industri tersebut wajib diserahkan ke pihak kampus saat pendaftaran ulang setelah peserta dinyatakan lulus tes wawancara.

Keunggulan Kuliah di Poltek ATIM

Selain biaya kuliah yang terjangkau hanya Rp 1,75 juta per semester tanpa uang pembangunan, Direktur Politeknik ATI Makassar Muhammad Basri menambahkan, salah satu keunggulan kuliah di Politeknik ATI Makassar karena kurikulum yang digunakan berbasis dual system.

Kurikulum dual system ini sebagai link and match antara institusi pendidikan dengan industri. Di mana, metode dual system lebih mengutamakan praktik daripada teori pembelajaran, yakni 70 persen praktik dan 30 persen teori.

“Setelah belajar tiga semester di kampus, mahasiswa akan praktik di industri selama dua semester lalu semester terakhir kembali ke kampus untuk menyelesaikan final project,”kata Basri.

Dengan menjalani praktik di industri selama dua semester, mahasiswa Politeknik ATI Makassar akan memiliki skill dan budaya kerja yang sesuai dengan kebutuhan industri.

Pendidikan di Politeknik ATI Makassar pun didukung 28 laboratorium dengan peralatan canggih yang menunjang kegiatan praktik mahasiswa di kampus.

Keunggulan lainnya adalah Politeknik ATI Makassar tidak hanya membekali mahasiswa dengan ijazah saat lulus tapi juga sertifikat kompetensi sebagai bukti pengakuan kompetensi yang dikeluarkan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) Politeknik ATI Makassar.(*)


Berikut tanggal- tanggal penting Pelaksanaan penerimaan mahasiswa baru jalur jarvis mandiri :

JALUR JARVIS MANDIRI REGULER

  • Pendaftaran 2 juni – 23 Juli 2021
  • Tes TPA/BI 2 Agustus 2021
  • Pengumuman hasil Tes TPA/BI 6 Agustus 2021
  • Tes Wawancara 11 – 13 Agustus 2021
  • Pengumuman hasil Tes Wawancara 18 Agustus 2021
  • Pendaftaran Ulang 19 – 26 Agustus 2021

Persyaratan JARVIS MANDIRI
1. Surat Keterangan Lulus ( SKL) ( Hanya untuk lulusan 2021) / Ijazah untuk lulusan 2020,2019
2. Pas Foto resmi latar merah/biru uk.3×4 Maks 200Kb ( diupload saat pengisian biodata )