MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar resmi menjalin kerja sama dengan Akademi Teknologi Industri (ATI) Dewantara Palopo terkait penyelenggaraan pendidikan vokasi dan kolaborasi dalam pelaksanaan tridarma perguruan tinggi. Hal tersebut ditandai dengan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara kedua belah pihak di Kampus Politeknik ATI Makassar, Jl Sunu No.220, Selasa (9/3/2021).

Nota kesepahaman tersebut diteken langsung Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri dengan Direktur ATI Dewantara Palopo, Suaedi.

Dalam kegiatan ini, Basri didampingi Pembantu Direktur I Taufik Muchtar dan Pembantu Direktur III Arminas. Sedangkan Suaedi hadir bersama dengan Kepala Bagian Kerja Sama Baso Amir, serta dua dosen, Kastono dan Nurfhadilah.

Suaedi mengatakan, dengan adanya MoU ini akan menjadi dasar pihak mereka untuk mengadakan kerja sama, termasuk dalam hal penelitian dan pengabdian masyarakat untuk menghasilkan produk tepat guna bagi masyarakat.

“Kami melihat Politeknik ATI Makassar sebagai sebuah lembaga pendidikan vokasi yang telah berkembang dan kami banyak mendapat masukan dalam pengembangan pendidikan vokasi di ATI Dewantara Palopo,”kata Suaedi.

Ia pun berharap dengan adanya kerja sama ini bisa ditindaklanjuti oleh masing-masing unit yang terkait sehingga bisa berdampak positif bagi kedua kampus. Seperti dengan mengadakan pameran bersama ataupun hal publikasi karya ilmiah.

Sementara itu, Muhammad Basri menyambut baik adanya jalinan kerja sama antara Politeknik ATI Makassar dengan ATI Dewantara Palopo.

“Dalam pendidikan vokasi itu, hal yang menjadi penting adalah kolaborasi. Bukan lagi kompetisi baik antara lembaga pendidikan vokasi,”katanya.

Basri juga menyampaikan, Politeknik ATI Makassar bersedia membantu ATI Dewantara Palopo agar bisa menjadi lembaga pendidikan vokasi yang lebih baik. Apalagi, Politeknik ATI Makassar telah memiliki unit-unit pendukung seperti Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP), Inkubator Bisnis, maupun Teaching Factory.

Di akhir kunjungannya, rombongan ATI Dewantara Palopo mengunjungi sejumlah laboratorium dan fasilitas di Politeknik ATI Makassar, seperti laboratorium terintegrasi, otomasi, pengujian material dan mesin fluida, sistem produsi, teknologi pengelolaan agro, ruang LSP, serta inkubator bisnis. (*)