Logo Kemenperin, BPSDMI CorpU,ATIM

Jam Operasional :

Senin-Kamis: 07.30-16.00, Jumat: 07.30-16.30 WITA

Mesin Proofer Roti dan Serut Markisa Otomatis Mahasiswa Poltek ATIM Juara di UMI

MAKASSAR-Himpunan Mahasiswa Elektro (HIMETRO) dari Program Studi Otomasi Sistem Permesinan (OSP) Politeknik ATI Makassar memboyong dua juara dalam kegiatan Elektro National Fair yang diselenggarakan Himpunan Mahasiswa Elektro (HME) Fakultas Teknik Universitas Muslim Indonesia (FT-UMI), Selasa (13/12/2022).

Prestasi tersebut diraih setelah berkompetisi dalam Lomba Teknologi Tepat Guna. Di mana, HIMETRO- Poltek ATIM mengirim empat tim yang harus bersaing dengan tim dari Universitas Hasanuddin (Unhas) dan Politeknik Negeri Ujung Pandang.

Dalam lomba tersebut, Mesin Proofer Roti berbasis Thermohygrostat buatan Edwan Alfauzi dan Muh Yusuf berhasil menjadi juara I. Sementara Mesin Penyerut Isi Markisa otomatis rancangan Muhammad Mufli Mubarak dan Muh Reza Rifki Syahrifuddin berbasis Elektro Pneumaatik menjadi juara kedua dalam kompetisi tersebut.

Ketua Jurusan OSP Poltek ATIM, Sitti Wetenriajeng Sidehabi mengapresiasi capaian prestasi dari mahasiswa OSP yang ikut berkompetisi. Ia bersyukur, dari empat tim yang berpartisipasi, dua di antaranya bisa menjadi juara.

“Mesin-mesin yang dirancang dan dibuat oleh mahasiswa kami dibuat untuk membantu Industri Kecil Menegah (IKM), khususnya di Sulsel. Seperti Mesin Proofer Roti telah digunakan oleh IKM Roti Nakku di Kabupaten Gowa. Berkat mesin tersebut, proses produksi mereka menjadi lebih cepat,”jelasnya, Rabu (14/12/2022).

Tenri juga mengatakan, raihan prestasi dari mahasiswanya juga dapat menunjang proses akreditasi yang akan segera dijalani prodi OSP pada 2023 mendatang.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri turut mengapresiasi prestasi yang ditorehkan mahasiswa dari program studi Otomasi Sistem Permesinan.

“Kampus senantiasa mendorong mahasiswa untuk ikut berkompetisi untuk meningkatkan pencapaian prestasi mereka baik di bidang akademik maupun nonakademik. Kami harap prestasi ini bisa memotivasi mahasiswa lainnya untuk berprestasi,”harapnya.(*)

Lihat juga…