MAKASSAR-Mahasiswa Pecinta Alam Politeknik ATI Makassar (Mahapati Makassar) melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Sertifikasi Tenaga Kerja pada Ketinggian Tingkat 1 yang berlangsung pada 26-30 Mei 2022.

Pjs Mahapati Makassar, Muh. Al Qadri mengatakan, ada dua kegiatan dalam kegiatan ini, yakni dalam kegiatan tersebut ada dua kegiatan utama, yakni Seminar dan Sertifikasi Tenaga Kerja pada Ketinggian Tingkat 1.

Pelaksanaan kegiatan ini turut bekerja sama dengan Perusahaan Jasa Keselamatan dan Kesehatan Kerja (PJK3) Kementerian Tenaga Kerja (Kemnaker), PT Mahameru, dan PT Karya Muda Malili.

“Kegiatan seminar diikuti oleh mahasiswa. Sementara pada kegiatan sertifikasi diikuti 10 peserta yang merupakan tenaga kerja profesional dari sejumlah perusahaan,
katanya.

Ia menjelaskan, dalam kegiatan sertifikasi tersebut para peserta mendapat pendampingan instruktur dari PJK3 Kemnaker, Saibin Tasbih dan mengikuti ujian tulis dari Kemnaker.

Lebih lanjut ia menjelaskan, tujuan dilaksanakan kegiatan ini untuk membekali tenaga kerja agar mereka mampu menggunakan perlengkapan dan peralatan dalam pelaksanaan pekerjaan akses tali pada saat bekerja di ketinggian, sesuai dengan peraturan perundang-undangan dan standar yang berlaku.

Pasalnya bekerja di ketinggian memiliki potensi bahaya yang besar. Sehingga, dengan mengikuti kegiatan ini mereka dapat mengenali potensi cedera serius saat bekerja di ketinggian dan menentukan metode yang aman yang tersedia untuk meminimalkan risiko.

“Setelah pelaksanaan sertifikasi batch 1, rencananya akan dilaksanakan kembali untuk batch 2,”tambahnya.(*)