TRIBUN-TIMUR.COM, MAKASSAR-Politeknik ATI Makassar terus mencetak alumni yang andal dan profesional. Seperti misalnya 325 alumni berhasil dilulusan Politeknik ATI Makassar pada wisuda ke-37 Ahli Madya Tahun Akademik 2020-2021, Rabu (15/12/2021).

Mereka telah dibekali ilmu pengetahuan dan keterampilan sehingga bisa bersaing di dunia kerja.

Direktur Politeknik ATI Makassar, Ir Muhammad Basri mengatakan bahwa Politeknik ATI Makassar terus melakukan pengembangan diri.

Hal itu melalui berbagai usaha yang secara formal tertuang dalam perjanjian kinerja Politeknik ATI Makassar Tahun 2021. Seperti misalnya meningkatkan tenaga kerja industri yang kompeten.

Pencapaian target ini dilakukan melalui pelaksanaan proses belajar mengajar yang terstandarisasi dan sesuai kebutuhan dunia kerja dan industri. Kurikulum pun disusun dengan sistem Dacum (Develop a Curriculum) yang melibatkan dunia industri dan dunia usaha.

“Kebutuhan industri pun diidentifikasi dan diterjemahkan dalam bentuk kurikulum yang diturunkan dalam mata kuliah yang mengacu pada standar kompetensi KKNI dan SKKNI,” katanya.

Sehingga kompetensi yang dibutuhkan dalam industri sesuai dengan proses belajar mengajar di kampus.

Pada tahun 2015, Politeknik ATI Makassar juga mendirikan unit Career Development Center (CDC). Unit ini merupakan wadah kerjasama dengan industri untuk penyerapan alumni, program persiapan kelulusan kerja, dan kerjasama magang industri.

CDC Politeknik ATI Makassar telah melalukan empat kegiatan utama, yaitu program persiapan karier, program rekrutmen/bursa kerja, magang kerja, dan tracer study untuk lulusan.

“Penyerapan untuk lulusan tahun 2021 ini sebanyak 136 lulusan atau sekitar 41,8% telah diterima di berbagai perusahaan,” kata Basri.

Perusahaan yang telah menerima lulusan Politeknik ATI Makassar antara lain perusahaan yang bergerak di bidang pertambangan dan pengolahan mineral, pengolahan makanan dan minuman, industri manufaktur, industri kimia, dan industri jasa.

Perusahaan tersebut antara lain PT. IMIP Morowali, PT. DSS Sinar Mas Group. PT. Halmahera Persada Lygend dan perusahaan lainnya.

“Sebagian lagi sekitar 58,2 % telah melaksanakan rekrutmen dan menunggu panggilan penempatan kerja,” sebut Basri.(*)

Artikel ini telah tayang di Tribun-Timur.com dengan judul Lulusan Politeknik ATI Makassar Siap Bersaing di Dunia Kerja