MAKASSAR-Program Mahasiswa Magang Bersertifikat (PMBB) dinilai mampu menjawab tantangan model link and match antara institusi pendidikan dengan kebutuhan industri.

Hal tersebut disampaikan Direktur Eksekutif Forum Human Capital Indonesia (FHCI) Sofyan Rohidi dalam Sosialisasi Program Magang Mahasiswa Bersertifikat (PMMB) Batch I Tahun 2021 yang diselenggarakan Unit Career Development Center (CDC) Politeknik ATI Makassar secara virtual, Kamis (4/2/2021).

Sosialisasi PMMB Batch 1 Tahun 2021 ini tidak hanya diikuti mahasiswa dari Politeknik ATI Makassar, melainkan juga mahasiswa dari perguruan tinggi lain.

Sofyan menilai program link and match sudah lama digaungkan, namun implementasinya belum optimal. Sehingga pada 2018, FHCI bersama Kementerian BUMN dan seluruh BUMN di Indonesia menggagas Program Magang Mahasiswa Bersertifikat. PMMB memiliki dua jenis program, yakni magang bersertifikat industri dan magang bersertifikat kompetensi.

“Program ini mencoba meng-link and match-kan perguruan tinggi dengan industri, kemudian mempersiapkan dan menciptakan SDM yang unggul. Program ini juga terbuka untuk seluruh perguruan tinggi di seluruh nusantara,”katanya.

Menurutnya, program tersebut mendapat respon yang baik hingga Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) mengakselerasi PMMB melalui program Kampus Merdeka dan Merdeka Belajar.

Permendikbud Nomor 3 Tahun 2020 pun telah mengatur tentang Standar Nasional Pendidikan Tinggi yang mewajibkan perguruan tinggi memberikan hak bagi mahasiswa untuk secara sukarela dapat mengambil SKS di luar perguruan tinggi sebanyak 2 semester, salah satunya magang atau praktik industri.

Sofyan menyebutkan dengan mengikuti PMMB, mahasiswa bisa mendapatkan sejumlah benefit. Seperti dapat meningkatkan pengetahuan, mengenal dunia kerja, memiliki kesempatan berkarier di BUMN, mendapatkan sertifikat industri atau kompetensi, dan mendapatkan uang saku.

Sementara itu, Direktur Politeknik ATI Makassar, Muhammad Basri menyampaikan, Program Magang Mahasiswa Bersertifikasi ditangani unit Career Development Center (CDC) yang menjadi jembatan dengan industri.

“Saya mengucapkan terima kasih kepada Forum Human Capital Indonesia yang telah memercayakan pelaksanaan sosialisasi program ini di Politeknik ATI Makassar,”katanya.

Ia pun berharap, para mahasiswa Politeknik ATI Makassar dan peserta sosialisasi lainnya dapat memanfaatkan kesempatan ini dengan baik untuk menggali informasi lengkap tentang Program Magang Mahasiswa Bersertifikat.(*)

×

Hello!

Ada yang bisa kami bantu?

× Kontak Via Whatsapp