7 Desember 2016, pada pukul 09.00 berlangsung kegiatan Focus Group Discussion bertempat di Ruang Rapat Phinisi Politeknik ATI Makassar. FGD kali ini membahas mengenai Implementasi sistem pengendalian dan pengawaan internal (SPI) yang dihadiri oleh staff dan dosen Politenik ATI makassar serta pemateri yang di undang langsung yaitu Bapak Dr.A.Muh.Idkham,MT dan Jamaluddin,S.Pd,M.Si dari Universitas Negeri Makassar untuk menyampaikan pengalaman dan pengetahuan seputar topik pembahasan FGD kali ini.

FGD ini dilaksanakan untuk membuka forum diskusi dalam materi yang diangkat pada kesempatan ini. Kegiatan ini juga difokuskan untuk dapat meningkatkan sumber daya manusia dalam hal satuan pengawasan intern dalam ruang lingkup kampus. Mengingat Sistem pengendalian intern  adalah suatu hal yang sangat memegang peranan penting dalam auditing. Standar pekerjaan lapangan kedua dalam auditing menyatakan bahwa pemahaman yang memadai atas struktur pengendalian intern harus diperoleh untuk merencanakan audit dan menentukan sifat, saat, dan lingkup pengujian yang akan dilakukan.

Diharapkan seiring dengan berbagai FGD yang telah diselenggarakan maka kinerja dan produktivitas dapat meningkat secara signifikan dengan mengaplikasikan ilmu dan pengalaman yang telah didapat dalam berbagai diskusi dan sharing pengalaman yang telah dilaksanakan di Politeknik ATI Makassar .