MAKASSAR-Dua mahasiswa Politeknik ATI Makassar meraih juara dalam Lomba Tartil, Tilawah, dan Ceramah antarmahasiswa Politeknik se Sulawesi Selatan.

Mereka adalah Muh Hafiz yang menjadi Juara 1 di kategori Tilawah dan Abi Muhammad Fikri sebagai Juara Harapan II Tartil Quran. Keduanya merupakan mahasiswa program studi Teknik Manufaktur Industri Agro.

Lomba yang diselenggarakan pada 24 April-2 Mei 2021 tersebut diikuti sejumlah kampus politeknik di Sulsel, yaitu Politeknik Pertanian Negeri Pangakajene Kepulauan (Politani Pangkep) sebagai tuan rumah, Politeknik Ilmu Pelayaran (PIP) Makassar, Politeknik Pembangunan Pertanian Gowa, Politeknik Kesehatan Makassar, dan Politeknik ATI Makassar.

Kegiatan yang dilaksanakan dalam rangka Gema Ramadhan Tahun ke-2 Pandemi ini dilaksanakan secara daring dan disiarkan melalui kanal YouTube Politani Pangkep.

“Alhamdulillah bersyukur bisa juara karena sempat tidak menyangka. Semoga ini menjadi motivasi untuk terus menyumbang prestasi untuk Politeknik ATI Makassar,”kata Hafiz saat dihubungi, Senin (10/5/2021).

Dalam lomba tersebut, pria kelahiran Bilajeng, 5 Mei 2001 ini membacakan Surah Al Baqarah ayat 89-90. Surah yang ia bacakan tersebut merupakan pilihan yang diberikan panitia.

Putra pasangan Alm. Abdul Rahim dan St Halima ini mengaku sudah sering mengikuti lomba-lomba serupa. Tak jarang, ia juga menjadi juara dalam lomba yang ia ikuti.

Seperti menjadi juara I MTQ Putra tingkat remaja se Kecamatan Batulappa dan Juara 1 Ceramah se Kabupaten Pinrang.

Hafiz juga turut berpartisipasi dalam ajang MTQ antarmahasiswa politeknik/akademi komunitas di lingkungan Kementerian Perindustrian yang dilaksanakan Politeknik ATI Padang pada 18-30 April 2021. Hanya saja saat itu, Hafiz belum beruntung menjadi juara.

“Mungkin saat itu terganggu jaringan yang kurang stabil saat saya tampil. Sehingga berpengaruh pada penilaian juri karena lombanya juga secara daring,”jelasnya.

Sementara itu, Abi Muhammad Fikri juga bersyukur bisa ikut berpartisipasi dalam lomba tersebut, meskipun hanya keluar sebagai juara harapan dua di nomor tartil Quran.

“Niat awal mengikuti lomba ini hanya untuk mengembangkan bakat dan menambah ilmu. Semoga ini menjadi motivasi bagi saya untuk terus belajar lebih baik lagi,”kata pria kelahiran Jember, 5 Juni 2020 tersebut.

Dalam lomba tersebut, Abi membacakan Surah At Taubah ayat 7-13 yang juga merupakan pilihan dari panitia.

Pembantu Direktur III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama Politeknik ATI Makassar, Arminas mengaku bangga dan bersyukur atas prestasi yang terus diraih mahasiswa Politeknik ATI Makassar.

“Pihak kampus senantiasa mendorong mahasiswa untuk aktif dan mengembangkan minat bakatnya di bidang apapun. Kami bersyukur atas prestasi ini,”katanya.

Sebelumnya, mahasiswa Politeknik ATI Makassar Mifta Hul Janna juga meraih gelar Juara II Lomba Musabaqah Puitisasi Quran yang dilaksanakan Politeknik ATI Padang beberapa waktu lalu.(*)