MAKASSAR-Dosen Program Studi Teknik Manufaktur Industri Agro, Politeknik ATI Makassar, Muh Setiawan Sukardin terpilih menjadi Ketua Asosiasi Pengelasan Indonesia (API-IWS) Cabang Sulawesi Selatan Periode 2022-2027.

Setiawan yang juga menjabat sebagai Ketua Senat Politeknik ATI Makassar tersebut terpilih melalui Musyarawah Cabang API-IWS Sulawesi Selatan bertajuk “Mengembangkan SDM Pengelasan melalui kolaborasi Akademisi, Bisnisman, dan Government (ABG)” yang dilaksanakan di Kampus Politeknik ATI Makassar, Minggu (6/2/2022).

Sebelum pelaksanaan musyawarah cabang digelar terlebih dahulu kegiatan Pra Musyawarah pada 29 Januari 2022 lalu

Acara Muscab yang digelar secara hybrid ini turut dihadiri Direktur Eksekutif API-IWS Pusat, Darmayadi. Hadir pula anggota kepengurusan Asosiasi Pengelasan Indonesia API-IWS yang berasal dari berbagai latar belakang, antara lain akademisi, pengusaha di bidang pengelasan, dan pemerintahan.

Setiawan mengatakan, API-IWS Sulawesi Selatan yang berkedudukan di pintu gerbang kawasan timur Indonesia memiliki peran yang sangat strategis dalam mengakselerasi kualitas dan kuantitas SDM industri, khususnya di bidang pengelasan.

“Kawasan timur Indonesia saat ini mengelami pertumbuhan industri feronikel dan produk turunannya yang sangat pesat, sehingga peluang generasi muda menjadi SDM industri semakin menjanjikan pula,”katanya, Senin (7/2/2022).

Ia menambahkan, API-IWS Sulawesi Selatan siap mencetak SDM pengelasan mulai dari posisi Welder, Welding Inspection, Welding Practitioner, welding specialist, welding technologist hingga welding Engineer, baik pada standar Nasional dari Badan Nasional Sertifikasi Profesi maupun standar internasional dari International Institute of Welding.

Sementara itu, Darmayadi dalam arahannya mengharapkan kepengurusan yang baru dapat meningkatkan komunikasi dengan industri sehingga kebutuhan SDM pengelasan dengan kualifikasi yang dibutuhkannya dapat segera direspon dengan berkolaborasi dengan seluruh pihak yang terkait. (*)