MAKASSAR– Politeknik ATI Makassar menggelar pembukaan dan kuliah umum Program Pendidikan Vokasi Industri Setara Diploma 1 Teknologi Industri Agro dan Program 3 in 1 Wirausaha Industri, Selasa (31/8/2021).

Acara tersebut berlangsung secara daring dan luring dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan yang ketat.

Program ini berkerjasama dengan BPSDMI Kementerian Perindustrian, Politeknik ATI Makassar dengan Pemerintah Kabuptan Barru.

Hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian RI Ir Arus Gunawan, Bupati Barru Ir Suardi Saleh, Sekretaris Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian Drs Yedi Sabaryadi.

Hadir pula Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian Ir Iken Retnowulan, Kepala Pusat Pembinaan, Pendidikan dan Pelatihan SDM Aparatur Kementerian Perindustrian Drs Dadi Marhadi, Kepala Pusdiklat BPSDM Kemeneterian Perindustrian Tirta Wisnu Permana, Sekertaris Pemkab Barru Dr Abustam, dan Direktur Poltek ATIM Ir Muhammad Basri.

Kepala Pusat Pengembangan Pendidikan Vokasi Industri Kementerian Perindustrian RI, Iken Retnowulan menjelaskan bahwa tujuan pembukaan program vokasi teknologi industri agro ini yakni untuk membekali calon tenaga kerja dengan keahlian terapan yang diperlukan.

“Ditempuh selama satu tahun, dan lulusannya langsung di tempatkan berkerja dalam kerja meningkatkan daya saing indsutri,” jelasnya.

Sedangkan untuk program 3 in 1 wirausaha industri bertujuan untuk menumbuhkan wirausaha baru dengan mengoptimalkan potensi di daerahnya.

Iken menyebutkan bahwa program tersebut meliputi tiga tahap, yakni pendidikan, sertifikasi, dan penempatan kerja.

Program vokasi teknologi industri agro bakal diselenggarakan selama satu tahun yang dimulai 6 September, sedangkan program 3 in 1 wirausaha industri dilaksanakan selama satu bulan.

“Kegiatan ini diikuti oleh 60 orang program vokasi teknologi industri agro, dan 40 program 3 in 1 wirausaha,” sebutnya.

Kepala Badan Pengembangan Sumber Daya Manusia Industri Kementerian Perindustrian RI Ir Arus Gunawan menuturkan bahwa program ini dilaksanakan sebagai wujud kerjasama antara institusi pendidikan dan dunia industri.

Arus Gunawan berharap melalui program ini, dapat menciptakan Sumber Daya Manusia yang kompeten.

“Saya berharap para mahasiswa dapat belajar dengan baik dan memanfaatkan kesempatan yang baik ini,” harapnya.

Sementara itu, Bupati Barru Ir Suardi Saleh dalam sambutannya menyambut baik kerjasama pembukaan Program Pendidikan Vokasi Industri Setara Diploma 1 Teknologi Industri Agro dan Program 3 in 1 Wirausaha Industri tersebut.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Barru dan masyarakat Kabupaten Barru mengapresiasi Kementerian Perindustrian, terutama BPSDM dan Politeknik ATI Makassar, dan tim,” katanya.

Dirinya berharap, peserta program ini yang juga merupakan masyarakat Barru dapat menjalankan dengan baik.

“Semoga dapat menjalankan program ini dengan baik, penuh tanggungjawab dan tentu menciptakan manusia berkualitas dan dapat menggerakkan ekonomi di desa dan kelurahan masing-masing,” harapnya.(*)