Selayang Pandang

Politeknik ATI Makassar

“Politeknik ATI Makassar adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementrian Perindsutrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri.”


Akademi Teknik Industri Makassar

Akademi Industri Makassar berubah nama menjadi Akademi Teknik Industri Makassar didirikan sejak tahun 1967 dengan Surat Keputusan Menteri Perindustrian Dasar Ringan dan Tenaga No. 273/SK/M/1967, tanggal 28 April 1967, untuk memenuhi kebutuhan tenaga kerja perindustrian Kawasan Timur Indonesia. Kehadiran pendidikan tersebut hingga sampai saat ini lebih banyak mengalami perubahan dalam penyelenggaraan pendidikan antara lain perubahan pendidikan gelar sarjana muda menjadi pendidikan non gelar Diploma III Brdasarkan SK bersama Menteri Perindustrian dan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan tanggal 6 Juni 1981 tentang penyelenggaraan Program Diploma III Jurusan Teknik Industri. Sejak tahun 2015 terjadi perubahan nomenklatur Akademi Teknik Industri Makassar (ATIM) Menjadi Politeknik ATI Makassar sesuai SK Menteri Perindustrian NO. 07/M-IND/PER/1/2015 tentang organisasi dan tata kerja Politeknik ATI Makassar tertanggal 5 Januari 2015 dan SK Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi No. B/5782/M-PAN-RB/12/2014 tentang penataan organisasi dan tata kerja satuan kerja Pendidikan Tinggi di limgkungan Kementerian Perindustian tertanggal 30 Desember 2014.

Politeknik ATI Makassar

Politeknik ATI Makassar atau dahulu dikenal dengan Akademi Teknik Industri Makassar menerapkan Program DIII (Diploma III) jurusan Teknik Industri dengan Program Studi : 1. Teknik dan Manajemen Industri No. Akreditasi 446/SK/BAN-PT/AKRED/DPL-III/11/2014, kemudian bertransformasi menjadi Jurusan Teknik Industri Agro (TIA) 2. Teknik Mesin Industri No. Akreditasi 446/SK/BAN-PT/AKRED/DPL-III/11/2014, kemudian bertransformasi menjadi Jurusan Teknik Mesin Industri Agro (TMIA) 3. Teknik Elektro Industri No. Akreditasi 446/SK/BAN-PT/AKRED/DPL-III/11/2014, kemudian bertransformasi menjadi Jurusan Otomasi Sistem Permesinan (OSP). 4. Teknik Kimia Industri No. Akreditasi 446/SK/BAN-PT/AKRED/DPL-III/11/2014, kemudian bertransformasi menjadi Jurusan Teknik Kimia Mineral (TKM).

Tugas dan Fungsi Politeknik ATI Makassar

Politkenik ATI Makassar adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementrian Perindustrian yang berada dibawah dan bertanggung jawab kepada Pusat Pendidikan dan Pelatihan Indsutri. Politeknik ATI Makassar mempunyai tugas menyelenggarakan program pendidikan vokasi
dibidang teknologi industri dan manufaktur.
dalam melaksanakan tugas sebagaimana dimaksud, Politeknik ATI Makassar menyelenggarakan fungsi :
a. Penyusunan rencana dan program pendidikan vokasi di bidang teknologi industri manufaktur
b. Pelaksanaan dan pengembangan pendidikan di bidang teknologi industri manufaktur
c. Pelaksanaan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat
d. Pelaksanaan pembinaan sivitas akademika dan hubungan alumni
e. Pelaksanaan uji kompetensi dan sertifikasi
f.  Pengelolaan inkubator bisnis
g. Pengelolaan pabrik dalam sekolah (Teaching Factory)
h. Pelaksanaan kerja sama dalam rangka pengembangnan pendidikan pemagangan dan penempatan kerja
i.  Pengelolaan perpustkaan, laboratorium/ workshop serta sarana dan prasarana penunjang lainnya
j.  Pelaksanaan administrasi akademik,kemahasiswaan dan kerjasama
k. Pengelolaan keuangan, administrasi umum, kerumahtanggan dan kepegawaian
l.  Pelaksanaan pengembangan sistem penjaminan mutu pendidikan
m. Pelaksanaan pengawasan internal dan
n. pelaksanaan evaluasi dan pelaporan

Struktur Organisasi

Politeknik ATI Makassar adalah perguruan tinggi di lingkungan Kementrian Perindsutrian yang berada di bawah dan bertanggung jawab kepada Kepala Pusat Pendidikan dan Pelatihan Industri. Politekni ATI Makassar dipimpin oleh Direktur.

Amrin Rapi,ST.,MT